Sunday, April 23, 2017

4 Tips Menghilangkan Rasa Sakit Perut


Sakit perut merupakan gejala normal yang dialami manusia sebelum terjadinya buang air besar. sebenarnya itu normal, tapi datang disaat waktu yang tidak di inginkan. Pernah kah kalian terjebak macet dijalanan ibu kota dan tiba-tiba kalian merasa sesuatu yang aneh di perut kalian seolah-olah ingin mengeluarkan sesuatu? Pasti itu merupakan sesuatu yang membuat kalian stress, panik bukan?

Tidak itu saja, terkadang sakit perut merupakan sebuah lambang atau respon dari tubuh kita bahwa kita kebanyakan makan, atau malah salah makan. Jadi, untuk hal ini kita perlu menjaga pola makan kita dan sebisa mungkin teliti dulu sebelum dimakan.

Selain itu juga, terkadang sakit perut merupakan bentuk rasa gugup kita apabila kita menghadapi sesuatu, seperti berbicara didepan orang banyak, ujian kompre bagi mahasiswa dan masih banyak lagi. Terkadang juga bangun pagi pun, tidak ada masalah apa-apa, belum sarapan, mau berangkat sekolah pagi atau kerja, tiba-tiba perut terasa sakit dan pengen buang air besar. Itu sangat sering terjadi dan menganggu aktivitas kita sehari-hari dan terkadang itu juga menjadi hal yang memalukan.

Berikut 4 tips menghilangkan rasa sakit perut :

1. Jangan Sarapan

Apabila gejala sakit perut kalian rutin terasa setiap pagi ketika akan memulai aktivitas sehari-hari maka ini sangat disarankan sekali untuk dilakukan, atau setidaknya jangan makan terlalu banyak, cukup sepotong roti dan segelas teh atau kopi saja, bisa juga dengan susu. Sebab, terlalu banyak makan sebelum beraktivtas selain menyebabkan ngantuk juga berpengaruh pada sistem pencernaan kita. Sebagaimana kita kenal, orang Indonesia "gak makan kalau ga makan nasi" itu harus diubah, dalam 1 hari tidak seharusnya kita makan nasi 3 sampai 5 kali, normalnya hanya 2 kali sehari.

2. Buang Air Besar Sebelum Beraktivitas

Jika kalian salah satu orang yang bertipe bangun cepat di pagi hari, maka luangkanlah waktu kalian beberapa menit sebelum pergi untuk "nongkrong" di toilet sehingga isi perut semua terbuang dan kalian bisa pergi beraktivitas dengan  tenang dan nyaman.

3. Bawa Berbaring

Jika kalian berada dikondisi sudah di kantor atau sekolah dan Toiletnya tidak ada pintu atau tidak ada air, dan kalian tidak tahu harus buang air besar dimana maka satu-satunya cara adalah menahan agar tidak keluar, menahan supaya jangan sampe kalian bikin malu didepan teman kalian. Coba berbaring, berbaring merupakan salah satu posisi dimana tubuh sangat rileks, rileksnya tubuh juga membuat proses pencernaan pun menjadi rileks juga, atau kalian mempunya posisi yan lain yang membuat tubuh kalian merasa rileks, coba kalian lakukan itu, semakin rileks tubuh kalian semakin mudah untuk menahannya.

4. Pikirlah Sesuatu yang Indah

Ini merupakan cara yang terakhir dalam fase sakit perut. Coba kalian alihkan rasa sakit perut tersebut dengan memikirkan hal-hal yang indah, hal-hal yang membuat kalian malah memikirkannya seharian. Seperti pacar kalian, Istri kalian, mobil idaman kalian, artis favorit kalian, film favorit kalian dan coba kalian imajinasikan sesuatu seolah-olah kalian sedang melakukan hal yang menyenangkan dengan pasangan kalian.

Itu lah beberapa cara menghilangkan rasa sakit perut kalian. Namun jika rasa sakit perut terus menerus datang coba dikonsultasikan kepada dokter yang memang ahli dibidang itu.




0 comments:

Post a Comment